Skip to main content

Kutuk


Kembali lagi dengan kami Team Ah Panas. Kami akan menjelaskan apa itu Kutuk atau Kutukan. Pernah mendengar jika ada orang yang kena kutukan? Atau seseorang menginginkan kutukan untuk orang yang menjadi lawannya? Seperti apa kutukan atau kutuk itu?

Kutukan adalah sebuah keinginan yang mengungkapkan bentuk kesengsaraan atau kemalangan yang akan menimpa sesuatu, baik orang, tempat, atau benda. Kutukan merujuk pada keinginan yang merugikan dan dapat ditimbulkan oleh kekuatan gaib, seperti mantra, doa, atau kekuatan alam. Dalam banyak kepercayaan, kutukan dianggap memiliki beberapa kekuatan yang menjadi pemicu. Untuk mengembalikan atau menghilangkan kutukan itu, sering kali memerlukan upacara.

                Kutukan ada dalam sumpah serapah. Kutukan membawa malapetaka kepada seseorang, kesusahan menimpa seseorang karena kata-kata yang diucapkan. Sumpah serapah berkaitan dengan kutuk. Betapa hebatnya kata-kata yang sembarang diucapkan dari mulut orang tua kepada anaknya sendiri. Maka, orang tua harus pandai-pandai menjaga ucapannya.

                Sumpah serapah tampak sangat mengerikan apabila ditimpakan kepada orang yang dicintai, termasuk keluarga sendiri. Banyak orang tua yang tidak menyadari hasil sumpah serapah, seringkali mereka tidak merasa bersalah. Bahkan mengatakan hal ini adalah bagian dari cara mendidik anak.
             
               Bahkan, perkataan kepada diri sendiri pun dapat mengundang terjadinya kutukan. Misalnya saja, orang sakit parah yang merasa putuh asa, dia mengatakan akan segera mati karena sakitnya. Ada pula orang yang diperingatkan tentang adanya pencuri di toko, dan dia menganggapnya sepele. Malah mengatakan biarkan saja kalau dibongkar pencuri. Keesokan harinya dia kehilangan barang dagangan.

                Bicara sembarangan bisa menjadi kenyataan. Tidak sedikit orang yang mengatakan nasibnya jelek dan berputus asa. Ada pula orang tua yang mencaci-maki anaknya sendiri dengan nada tinggi. Seperti mengatai anaknya bodoh atau pemalas. Segala macam sumpah serapah harus dihindari, karena bermuara menuju penderitaan. Tidak ada salahnya bila sedang dalam perasaan marah tetap memberi pujian, bukan kutukan.

                Di zaman kemaharajaan Sriwijaya, ada prasasti berisi kutukan, seperti prasasti Kota Kapur dan Telaga Batu. Prasasti kutukan dibuat agar pejabat mematuhi raja. Sedangkan ketika kemaharajaan Majapahit berkuasa pada masanya, prasasti kutukan pun dibuat. Prasasti kutukan itu diarahkan agar semua orang mematuhi keputusan penguasa. Majapahit masih mengeluarkan hukuman kutukan dalam sebuah kitab undang-ungang sendiri.

                Prasasti Tuhannaru dari tahun 1323 berisi sebuah kutukan untuk orang-orang yang melakukan pelanggaran hukum.

“... Dewa, Engkau harus membunuh mereka, mereka harus engkau bunuh. Jika mereka dalam perjalanan melewati ladang terbuka, semoga mereka digigit ular berbisa. Di hutan, mereka akan kehilangan arah, diserang harimau. Di air, mereka dilahap buaya, di laut mereka digigit ikan ganas. Jika mereka menuruni gunung mereka akan menabrak batu bergerigi, jatuh ke jurang berbatu, mereka akan meluncur ke bawah, hancur berkeping-keping. Jika mereka keluar saat hujan, semoga mereka disambar petir, jika mereka tinggal di rumah, mereka akan terbakar halilintar, mereka tidak akan punya waktu melihat apa yang menyambar mereka. Saat mereka berperang mereka diserang dari kiri, dari kanan, semoga kepala mereka terbelah, dada mereka robek, perut mereka sobek hingga ususnya terburai, otak mereka dijilat, darah mereka diminum, dagingnya dilahap, hingga kematian menjemputnya. Mereka akan dibawa ke neraka Rorawa, dan jika mereka lahir kembali, itu dalam keadaan buruk. Itu yang akan terjadi pada mereka yang berbuat jahat...”

                Selain prasasti Tuhannaru, prasasti lain pun berisi kutukan, antara lain Prasasti Waringin Pitu, Prasasti Cangu, dan Prasasti Kudadu.

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan 18 April 2020??

Jagat maya dihebohkan dengan rumornya akan ada kejadian di tanggal 18 April 2020. Yah, di tanggal itulah akan ada kerusuhan yang dibuat oleh sekelompok yang mengaku manusia dengan nama ANARKO. Itu siapanya ANARKI? dan rencana mereka itu sudah terendus oleh pihak kepolisian. Rencananya kerusuhan ini akan berlangsung di pulau Jawa. Kenapa harus di pulau Jawa sih? Kalo mau mencari yang kaya, noh di pulau Kalimantan juga pada kaya. Rumor ini tentunya membuat panik masyarakat, mau pindah pulau pun percuma. Lagi pandemik Corona gini siapa yang mau terima? dan tentu saja ujung-ujung dari rumor ini sudah bisa ditebak. Apaan coba? tebak saja

Kalau sebagian dari kalian menebak rencana ini menumbuhkan opini terhadap kepercayaan masyarakat ke pemerintah pusat yang seolah tidak mampu lagi menciptakan keamanan serta menjaga stabilitas ekonomi negara ini, kalian tidak salah tetapi tidak sepenuhnya benar. Dan tentu saja ujung-ujungnya adalah demo kepada pemerintahan pusat yang sah dengan berkali-kali…

Keadaan Bumi VS Konspirasi

Keadaan bumi saat ini sedang gonjang ganjing karena sebuah "musuh" yang tidak terlihat tetapi mematikan, yaitu VIRUS CORONA!!!

Kami meyakini bahwa virus ini terjadi karena konspirasi yang menyebar di Inggris, karena orang-orang khawatir jika virus ini berhubungan langsung dengan teknologi 5G yang mereka gunakan saat ini. Teori konspirasi yang tersebar ini pun diduga menjadi penyebab terbakarnya tiga tiang telepon seluler di Inggris.

Sars COV 2 atau yang dikenal dengan Corona ini terus menerus menyebar di seluruh pelosok negara di dunia, dengan kasus-kasus baru yang dilaporkan terus menerus sehingga diyakini sebagai konspirasi yang mengklaim ada aktor kuat merencanakan sesuatu yang jahat dan tentunya berkaitan dengan virus penyebab Covid-19 ini.

Penelitian kami terhadap teori konspirasi medis ini menunjukkan bahwa fenomena ini mempunyai potensi yang kuat untuk berdampak sama bahayanya pada masyarakat seperti wabah itu sendiri. Salah satu konspirasi yang muncul adalah bahwa vi…

Susuk

Halo para pecinta dunia ghaib, konspirasi dan keluarganya, diantara kalian pasti ada yang pernah pake susuk atau ingin pakai susuk. Baik untuk pengasihan, menarik pasangan dan lainnya. Sebelum kalian mendatangi dukun untuk memasang susuk, baiknya kalian simak apa itu susuk, sebab akibat dan sebagainya.
Susuk merupakan benda asing yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan kelebihan tertentu. Kelebihan ini sesuai dengan tujuan dari pemakainya. Ditanam di dalam tubuh dengan bantuan mantra-mantra. Susuk yang paling umum digunakan adalah susuk pengasihan untuk meningkatkan pamor dan rasa percaya diri. Pemakainya percaya susuk pengasihan membuat dirinya lebih menarik, menambah kecantikan, tampak lebih muda, lebih segar, montok, dan apa pun sesuai permintaan orang yang hendak menggunakannya.
Ada macam-macam susuk yang ditawarkan. Misalnya susuk emas atau intan untuk pesugihan yang ditanam di bawah kulit. Sedangkan untuk membuka hawa, tersedia alami berupa susuk cair yang bisa ditelan,…